8 Galaksi Yang Memiliki Nama Unik
LNG Blog - Kebanyakan galaksi memiliki nama yang pendek. Tapi itu tidak mengejutkan mengingat ada banyak sekali galaksi di luar angkasa sana, tak heran bahwa mayoritas galaksi yang telah diidentifikasi sejauh ini  ditandai dengan nomor katalog seperti M51, GN-Z11, dan Iok-1. Pengaturan angka dan huruf ini sarat dengan makna bagi astronom, tetapi ada beberapa nama galaksi yang lahir dari imajinasi.

5 Galaksi Yang Memiliki Nama Unik

Beberapa galaksi bernasib sedikit lebih baik di departemen penamaan - biasanya orang-orang menamakannya dari bentuknya yang kha, sangat dekat dan mudah untuk mengamati, atau hanya sangat fotogenik. Berikut beberapa galaksi dengan nama menonjol.

1. Galaksi Milky Way (Bima Sakti)

Galaksi Milky Way (Bima Sakti)
Galaksi rumah kita, Bima Sakti. Berdiameter sekitar 100.000 tahun cahaya dan diduga mengandung setidaknya 100 miliar bintang atau mungkin lebih 400 miliar. Ini adalah galaksi spiral berbatang, dengan struktur pusat batang berjalan di intinya.

Meskipun Bima Sakti telah lama dianggap hanya memiliki dua lengan spiral, sebuah studi 12 tahun yang diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan jurnal Royal Astronomical Society pada 2013 menegaskan bahwa galaksi ini memiliki empat lengan utama. matahari kita dan tata surya terletak pada struktur kecil yang dikenal sebagai lengan Orion, sekitar 26.000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti.

Ribuan tahun yang lalu, untaian terang bintang debu dan gas Bima Sakti yang membentang di langit malam menginspirasi Yunani kuno untuk menamainya susu, meskipun sejarawan tidak yakin kapan pertama kali disebut sebagai Milky Way, menurut Matius Stanley, seorang profesor sejarah ilmu pengetahuan di Gallatin School of individual Studi di New York University.

2. Tadpole Galaxy (Galaksi Kecebong)

Tadpole Galaxy (Galaksi Kecebong)
Sebuah pertemuan dekat dengan galaksi lain mengganggu galaksi spiral Arp 188, umumnya dikenal sebagai galaksi Kecebong. Hal ini disebabkan karena ia terlihat mirip Kecebong, memiliki "kepala" oval (bagian utama dari spiral). Sementara "Ekornya" menjadi bagian yang memanjang di belakangnya.

Ekor tambahannya ini memanjang sekitar 280.000 tahun cahaya dan dipenuhi dengan gugus bintang yang sangat besar dan cemerlang. Galaksi kecebong terletak 420 juta tahun cahaya ke arah utara konstelasi Draco.

3. Black Eye Galaxy

Black Eye Galaxy
Messier 64 (M64) memiliki nama umum yang agak seram: Black Eye atau Evil Eye Galaxy, terinspirasi dari pita gelap debu yang mengelilingi inti terangnya. Pita gelap ini mungkin terbentuk setelah tabrakan dengan galaksi lain.

Pada 1990-an, para ilmuwan menemukan bahwa gas di daerah luar Black Eye itu berputar berlawanan - arah yang berlawanan dari gas dan bintang yang berada lebih dekat dengan pusatnya. Para astronom menduga bahwa wilayah yang tidak biasa ini adalah sisa-sisa terakhir dari sebuah galaksi yang lebih kecil yang bertabrakan dengan Black Eye lebih dari satu miliar tahun yang lalu, dan secara bertahap diserap.

Black Eye terletak di konstelasi Coma Berenices, berjarak sekitar 17 juta tahun cahaya dari Bumi, dan dikatalogkan oleh astronom Perancis Charles Messier pada abad ke-18.

4. Sombrero Galaxy

Sombrero Galaxy
Sombrero adalah galaksi spiral, dan bentuk seperti topi khas Meksiko, sombrero. Terlihat seperti ini dari sisi perspektif kita pada posisinya dalam ruang angkasa, dari Bumi terlihat tepiannya. Hal ini menciptakan ilusi topi (cincin terluar bintang) - dan "mahkota" di mana tonjolan inti bercahaya di pusatnya, dilingkari oleh jalur debu gelap.

Juga dikenal sebagai Messier 104 (M104), Sombrero terletak sekitar 28 juta tahun cahaya dari Bumi dan berdiameter sekitar 50.000 tahun cahaya. Ini adalah salah satu objek yang paling besar di cluster Virgo - sebesar 800 miliar matahari.

5.  Cartwheel Galaxy (Galaksi Roda Gerobak)

Cartwheel Galaxy (Galaksi Roda Gerobak)
Menyerupai sebuah roda gerobak raksasa, Galaxy Cartwheel diperkirakan berdiameter 150.000 tahun cahaya. Galaksi ini memiliki pusat cerah dengan "jari-jari" tipis yang terbuat dari debu dan gas yang memancar keluar ke cincin bintang yang mengelilinginya.

Bentuk yang tidak biasa Cartwheel ini disebabkan oleh tabrakan kosmik jutaan tahun yang lalu, menurut keterangan di situs Chandra X-Ray Observatory. Itu awalnya sebuah galaksi spiral yang besar, tetapi sebuah galaksi yang lebih kecil melubangi  tengahnya, mengganggu bintang seperti batu jatuh di air yang menyebabkan riak keluar.

Galaksi ini terletak 500 juta tahun cahaya dari Bumi, di konstelasi Sculptor.

Itulah 5 Galaksi Yang Memiliki Nama Unik Menurut admin, Galaksi mana yang memiliki nama aneh menurut kamu? komen dibawah ya.